Benarkah Alpukat Menjadi Buah yang Berbahaya?

Selasa, 16 Mei 2017 - 19:20 WIB
Benarkah Alpukat Menjadi Buah yang Berbahaya?
Benarkah Alpukat Menjadi Buah yang Berbahaya?
A A A
LONDON - Siapa yang tak suka dengan alpukat? Alpukat telah menjadi jenis buah yang cukup favorit karena rasa, fleksibilitas dan manfaat kesehatannya. Namun kini, benarkah alpukat telah menjadi buah yang berbahaya? Dunia medis telah menemukan sebuah alasan untuk membuat Anda lebih waspada ketika menyantap buah tersebut, yakni ‘avocado hand’. Lalu, apa itu avocado hand?

Menurut The Times of London, para dokter dan ahli bedah di Inggris menjadi sangat waswas karena meningkatnya tingkat pasien yang secara tidak sengaja melukai tangan mereka sendiri saat mencoba mengiris alpukat. Kasus ini pun menjadi sangat umum hingga seorang ahli bedah di Chelsea and Westminster Hospital di kota tersebut mengatakan bahwa ada empat kasus avocado hands yang ia tangani per minggu.

“Orang tidak mengantisipasi bahwa alpukat yang mereka beli bisa jadi sangat matang dan hanya ada sedikit pemahaman tentang cara mengatasinya,” kata Simon Eccles, seorang ahli bedah plastik dan mantan presiden operasi plastik di Royal Society of Medicine.

Eccles pun menjelaskan, bahwa ia tidak hanya menemukan kasus dengan luka kecil dan goresan. Namun, ada juru masak amatir yang telah mengiris tangan mereka sehingga keadaannya cukup parah untuk dioperasi. Avocado hands benar-benar telah menyebabkan kerusakan saraf yang serius.

Melihat kasus yang mengerikan ini tak lantas membuat dokter melarang Anda untuk menikmati buah alpukat, namun mereka hanya ingin masyarakat untuk lebih mempelajari cara mengiris alpukat yang lebih baik.

Seperti The British Association of Plastic, Reconstructive and Aesthetic Surgeons yang meminta label peringatan dan petunjuk mengiris untuk ditempel pada kulit buah.

“Kami tidak ingin membuat orang menghindari buah tersebut, tapi saya rasa label peringatan adalah cara yang efektif untuk mengatasi hal ini. Mungkin kita bisa memiliki foto kartun alpukat dengan pisau,” jelas Eccles.

Dilansir Foxnews, cara teraman untuk mengiris alpukat adalah dengan meletakkan alpukat secara horizontal di permukaan yang datar, pegang bagian atasnya. Iris buah secara horizontal, kemudian putar alpukat hingga terpisah menjadi dua bagian.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3417 seconds (0.1#10.140)